25 Juni 2010

Jurus Jitu Agar Bayi Tumbuh Kembang Optimal

Jum'at, 25 Juni 2010 - 16:00 wib‎
Dewi Arta - Okezone ‎



Bayi tumbuh kembang optimal

MASA-masa pertumbuhan bayi adalah masa-masa terpenting bagi para orangtua. Itu sebabnya, setiap orangtua wajib ‎memastikan buah hatinya tumbuh dan berkembang secara optimal, sehat, kreatif dan memiliki perilaku yang baik. Ini ‎pun menyangkut tiga kebutuhan pokok yang diperlukan bayi dan balita.

Agar tak salah arah, Dr Soedjatmiko, SpA(K), Msi, Dr Spesialis Anak Konsultan Tumbuh Kembang dan Magister ‎Sains Psikologi Perkembangan menjelaskan supaya bayi dan balita tumbuh kembang optimal mereka harus dicukupi ‎tiga kebutuhan pokok yaitu, fisik-biologis, kasih sayang, dan stimulasi dini sejak di dalam kandungan.

Apa kebutuhan fisik-biologis untuk bayi dan balita?

Kebutuhan fisik-biologis adalah kebutuhan nutrisi (ASI, makanan pendamping ASI), imunisasi, kebersihan badan dan ‎lingkungan tempat tinggal, pengobatan, bergerak dan bermain.

Kebutuhan fisik-biologis terutama berpengaruh pada pertumbuhan fisik, termasuk otot, alat penginderaan dan alat ‎gerak untuk mengeksplorasi lingkungan, sehingga berpengaruh pada berbagai kecerdasan anak.

Apa kebutuhan asih (kasih sayang) untuk bayi dan balita?

Kebutuhan kasih sayang, terutama rasa dilindungi, rasa aman, dan nyaman, diperhatikan dan dihargai, didengar ‎keinginan atau pendapatnya, tidak mengutamakan hukuman dengan kemarahan.

Tetapi lebih banyak memberikan contoh-contoh dengan penuh kasih sayang dan kegembiraan. Kebutuhan kasih ‎sayang besar pengaruhnya pada kemandirian dan kecerdasan emosi.

Apa kebutuhan asah (stimulasi bermain sejak dini) untuk bayi dan balita?

Kebutuhan stimulasi bermain meliputi berbagai permainan yang merangsang semua indera, baik pendengaran, ‎penglihatan, sentuhan, membau, dan mengecap.

Selain itu, merangsang gerakan kasar dan halus, berkomunikasi, emosi-sosial, kemandirian, berpikir dan berkreasi. ‎Kebutuhan stimulasi bermain sejak dini akan besar pengaruhnya pada berbagai kecerdasan anak (multiple intelegen)

Mulai kapan kebutuhan tersebut harus diberikan?

Ketiga kebutuhan pokok tersebut harus diberikan secara bersamaan sejak janin di dalam kandungan karena akan ‎saling berpengaruh. Bila kebutuhan fisik-biologis tidak tercukupi, gizinya kurang, sering sakit, maka perkembangan ‎otaknya tidak optimal.

Bila kebutuhan emosi dan kasih sayang tidak tercukupi maka kecerdasan emosi (inter dan antar personal) juga ‎rendah. Bila stimulasi bermain sehari-hari kurang bervariasi maka perkembangan kecerdasan juga kurang bervariasi. ‎Oleh karena itu ketiganya harus diberikan bersamaan sejak di dalam kandungan.

Sampai kapan kebutuhan-kebutuhan tersebut harus diberikan?

Ketiga kebutuhan pokok tersebut harus diberikan secara bersamaan terutama sampai usia 3 tahun, karena ‎pertambahan jumlah sel dan percabangan sel-sel syaraf paling cepat sampai umur 3 tahun, kemudian melambat ‎sampai umur 6-8 tahun, dan lebih lambat lagi sampai remaja. Oleh karena itu kebutuhan-kebutuhan tersebut harus ‎dilanjutkan terus sampai remaja.(nsa)‎

Tidak ada komentar: